Mengapa Kursor pada Windows Tidak Lurus?

Mungkin kalian pernah heran mengapa kursor di layar WindowsMicrosoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft. terlihat miring, bukan lurus seperti garis vertikal. Yuk, kali ini kita akan jelaskan apa sebenarnya di balik desain kursor yang satu ini!


Kenapa?

Kalau dilihat, kursorKursor adalah suatu petunjuk atau indikator posisi pada monitor komputer atau peranti tampilan lain yang akan merespons masukan dari suatu masukan teks atau peranti penunjuk. yang kita gunakan sehari-hari memang terlihat miring. Ada beberapa alasan kenapa desain ini dipilih:

  • Lebih Mudah Dilihat
    Saat pertama kali monitor dan komputer dibuat, resolusi layarnya rendah banget dan pixelnya gede-gede. Kursor miring ini bikin kita lebih mudah lihat di antara teks dan gambar lainnya.

  • Nyaman Digunakan
    Desain kursor miring ini juga bikin gerakan mouse jadi lebih alami dan ergonomis. Jadi, meskipun sekarang teknologi layar udah maju, desain kursor tetap dipertahankan karena udah jadi kebiasaan dan nyaman buat banyak orang.


Bisa Diubah Gak?

Tentu saja bisa! Windows ngasih opsi buat kita ubah-ubah bentuk, ukuran, dan warna kursor sesuai yang kita suka. Jadi, kalau kamu mau yang lain, tinggal atur di pengaturan mouse. Gimana Cara Ubahnya?

  1. Buka Control Panel.
  2. Pilih Ease of Access.
  3. Klik Change how your mouse works.
  4. Pilih Mouse pointers.
  5. Nah, di sini kamu bisa pilih bentuk dan ukuran kursor yang paling pas buat kamu.

Jadi, kursor miring di Windows itu bukan karena kebetulan, tapi ada pertimbangan historis dan kenyamanan pengguna. Kalau kamu lebih suka yang lain, kamu bisa ubah sendiri kok di pengaturan.

Semoga penjelasan ini membantu mengerti kenapa kursor kita di Windows terlihat seperti ini. Kalau ada pertanyaan atau komentar, boleh banget tulis di bawah ya!

Penulis

Salam dari saya
Hai. Nama saya Randi Iskandar, dan saya senang sekali bisa berbagi cerita dan pengalaman melalui blog ini.
Komentar