Cara Mengetahui Laptop Anda Pakai Hard Drive SSD atau HDD

Cara Mengetahui Laptop Anda Pakai Hard Drive SSD atau HDD

"Cara sederhana ini dapat membantu Anda mengetahui dengan cepat apakah laptop yang Anda gunakan memakai SSD atau HDD. "

Pernahkah Anda bertanya-tanya jenis hard drive apa yang dipakai oleh laptop Anda? Hard drive solid-state drive (SSD) yang dikenal cepat dan efisien, ataukah hard disk drive (HDD) yang lebih tradisional namun cenderung lebih murah?

Jangan khawatir, di sini saya akan berbagi tips mengetahui laptop memakai hard drive SSD atau HDD tanpa bongkar dengan dua cara yang mudah dipahami.

Mengenal SSD dan HDD

Sebelum kita memulai, mari kita sedikit mengenal SSD dan HDD. SSD menggunakan teknologi flash memory yang membuatnya lebih cepat dalam mengakses data dan lebih tahan terhadap goncangan.

Di sisi lain, HDD menggunakan piringan magnetik berputar untuk menyimpan data, yang membuatnya lebih murah namun cenderung lebih lambat dalam akses data.

Melalui Alat Defrag

Windows 11 menyediakan alat yang sangat mudah digunakan untuk mengetahui jenis hard drive pada laptop Anda. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik ikon pencarian di bagian bawah layar.
  2. Ketik Defragment and Optimize Drives dan tekan ENTER.
  3. Pilih opsi Defragment and Optimize Drives dari hasil pencarian.
  4. Lihat di bawah Media Type untuk hard drive Anda. Jika tertulis Solid state drive, berarti laptop Anda menggunakan SSD. Jika tertulis Hard disk drive, maka laptop Anda menggunakan HDD.

Melalui PowerShell

Jika Anda ingin melakukan pengecekan dengan cara yang lebih teknis, gunakan perintah PowerShell. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Klik ikon pencarian di bagian bawah layar.
  2. Ketik Windows PowerShell dan tekan ENTER.
  3. Ketik perintah berikut dan tekan Enter:
    Get-PhysicalDisk | Format-Table -AutoSize
  4. Perhatikan kolom "MediaType". Jika tertulis "SSD", maka laptop Anda menggunakan SSD. Sedangkan jika tertulis "HDD", maka laptop Anda menggunakan HDD.

Dengan mengetahui jenis hard drive yang dipakai oleh laptop Anda, Anda dapat lebih memahami tentang kecepatan, keandalan, dan kapasitas penyimpanan yang dimiliki oleh laptop tersebut. Hal ini penting untuk memutuskan upgrade atau perawatan yang diperlukan di masa mendatang.

Dua cara sederhana di atas dapat membantu Anda mengetahui dengan cepat jenis hard drive yang digunakan oleh laptop Anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk memahami teknologi yang ada di sekitar kita.

Randi Iskandar
Randi Iskandar Tetap terhubung di Iskandar.blog! Terima kasih sudah membaca.

Bagikan Artikel Ini

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Laptop Anda Pakai Hard Drive SSD atau HDD"

Pasang iklan di sini