Menggantungkan Tanda Tanya pada Hal-hal yang Remeh

Menggantungkan Tanda Tanya pada Hal-hal yang Remeh

"Terkadang, kebiasaan kita menilai suatu hal sebagai remeh dapat menghalangi potensi besar yang mungkin tersembunyi di dalamnya."
Randi Iskandar

Randi Iskandar

6 komentar

Setiap hari, kita cenderung melihat dunia dengan cara yang sudah kita kenal. Kita memiliki kecenderungan untuk memperlakukan hal-hal yang kita anggap remeh sebagai sesuatu yang tidak perlu dipertimbangkan lebih lanjut. Namun, mengapa kita harus membiarkan diri kita terjebak dalam kebiasaan tersebut?

Menggantungkan tanda tanya pada hal-hal yang sudah lama dianggap remeh adalah tantangan untuk berpikir lebih dalam. Ini mengajak kita untuk tidak puas dengan jawaban sederhana atau pemahaman yang dangkal. Misalnya, seberapa sering kita menganggap remeh pendapat orang lain hanya karena mereka terlihat berbeda dari pandangan kita sendiri? Menggantungkan tanda tanya pada pandangan mereka bisa membuka pintu untuk pemahaman yang lebih luas.

Menggantungkan tanda tanya pada hal-hal yang remeh juga memberi kita kesempatan untuk belajar dan berkembang. Mungkin saja ada pelajaran berharga yang dapat dipetik dari hal-hal yang sebelumnya dianggap tidak penting. Sebagai contoh, mengapa kita tidak mencoba memahami lebih dalam tentang kebiasaan sehari-hari yang mungkin memiliki dampak besar pada kesehatan mental dan fisik kita?

Seringkali, kita merasa nyaman dengan apa yang sudah kita ketahui dan hindari ketidakpastian. Namun, menggantungkan tanda tanya pada hal-hal yang remeh adalah langkah pertama untuk menghadapi ketidakpastian dengan keterbukaan. Ini melibatkan sikap yang terbuka terhadap kemungkinan baru dan kesempatan yang belum terungkap. Seperti sebuah pribahasa:

Dalam segala hal, sesekali menggantungkan tanda tanya pada hal-hal yang sudah lama Anda anggap remeh adalah hal yang sehat.

Menggantungkan tanda tanya pada hal-hal yang remeh juga dapat merangsang kreativitas. Ketika kita mempertanyakan status quo, kita membuka pintu bagi ide-ide baru dan solusi yang inovatif. Siapa tahu, mungkin saja ide brilian untuk masalah yang kompleks bisa muncul dari refleksi atas hal-hal yang sebelumnya diabaikan.

Terlepas dari segala manfaat yang telah disebutkan, menggantungkan tanda tanya pada hal-hal yang remeh pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas hidup kita secara keseluruhan. Dengan menjelajahi dunia dengan pandangan yang lebih terbuka dan rasa ingin tahu yang besar, kita dapat menemukan kegembiraan dan makna yang lebih dalam dalam setiap aspek kehidupan.

Jadi, mari kita terus menggantungkan tanda tanya pada hal-hal yang mungkin kita anggap remeh. Karena, siapa tahu, di balik sederetan pertanyaan itu, tersimpanlah kunci untuk menjelajahi potensi baru dan mengubah hidup kita menjadi lebih bermakna.

Randi Iskandar
Randi Iskandar Tetap terhubung di Iskandar.blog! Terima kasih sudah membaca.

Bagikan Artikel Ini

6 komentar untuk "Menggantungkan Tanda Tanya pada Hal-hal yang Remeh"

Comment Author Avatar
Bener nih mas, terkadang kita sering menganggap remeh sesuatu hal, padahal dari yang di anggap gak penting dan remeh temeh itu barangkali ada sesuatu yang bisa kita gali, sedikit keluar dari menggantungkan tanya dari hal"remeh tadi, contoh sederhana aja dari postingan atau tulisan di blog saya, saya sering mikir mau nulis apa ya ? Seringkali saya menulis sesuatu yg sederhana dan remeh temeh, tapi di ulik"biar bisa jadi satu kesatuan dan menghasilkan tulisan,yah walaupun tetap aja terlihat receh...hehehe
Comment Author Avatar
Iya mbak, kadang informasi sekecil apapun yg kita bagikan, jika dibaca oleh orang yg memerlukan akan sangat bermanfaat.
Comment Author Avatar
Setuju banget.Ada beberapa hal remeh yang ternyata banyak tersimpan sesuatu di dalamnya hehe..misal ilmu atau kemanfaatan yang lain.
Comment Author Avatar
Kehidupan seperti mystery box, ya hehe... Apapun itu, semoga bisa menghubah hidup kita menjadi lebih bermakna.
Comment Author Avatar
Memang itu semacam jebakan ketika menganggap sesuatu yang kecil sebagai hal yang remeh.
Pengalaman dulu saat bekerja di bagian produksi, cacat produk sekecil apapun mesti ditelaah mendalam dan dicari penyebabnya kemudian diambil solusinya. Kalau dibiarkan? Gawat ketika maslah tersebut tambah besar dan apalagi berpotensi stop produksi.
Demikian sedikit pengalaman saja, Mas.

Salam,
Comment Author Avatar
Pada konteks tersebut memang sangat penting ya mas untuk menjawab hal-hal sepele tersebut. Terimakasih sudah berbagi informsi.