Cara Membuat Tag Heading pada Postingan Blog untuk Optimasi SEO

Cara Membuat Tag Heading pada Postingan Blog untuk Optimasi SEO

"Temukan panduan praktis tentang penggunaan tag heading untuk postingan blog. Optimalisasi SEO dan bacaan yang mudah dimengerti pembaca."
Randi Iskandar

Randi Iskandar

4 komentar

Cara Membuat Tag Heading pada Postingan Blog

Kali ini kita akan melanjutkan pembahasan sebelumnya tentang panduan blogger dengan topik yang tak kalah menarik, yaitu cara membuat tag heading pada postingan blog. Siap-siap ya, kita akan belajar bersama!

Apa Itu Tag Heading?

Bagi yang belum familiar, tag heading adalah tag HTML yang digunakan untuk memberikan judul pada bagian-bagian tertentu di dalam postingan kita. Jadi, bisa dibilang ini adalah cara kita memberi "nama" pada setiap bagian postingan kita.

Kenapa perlu? Tentu saja untuk mempermudah pembaca dalam memahami isi tulisan kita dan juga membantu mesin pencari seperti Google untuk mengenali topik yang kita bahas. Jadi, bisa dibilang, tag heading ini kaya kunci rahasia yang membuka pintu kesuksesan bagi blog kita!

Jenis

Nah, sebelum kita melangkah lebih jauh, ada baiknya kita mengenal dulu jenis atau macam-macam tag heading. Jadi, ada enam tag heading, dari H1 sampai H6.

Gimana cara menggunakannya? Nah, ingat aja, semakin kecil angkanya, semakin penting! Jadi, H1 itu paling utama, kayak judul utama dalam buku. Terus, H2, H3, H4, H5, dan H6 urutannya.

Penggunaan

Oke, sekarang yang paling penting, bagaimana cara kita menggunakan tag-heading ini dengan baik? Pertama, struktur tag heading harus teratur dan terstruktur. Jangan seperti kumpulan barang-barang di kamar yang berantakan, kan jadi susah dicari! Kita juga harus pintar-pintar dalam memilih tag heading yang tepat untuk setiap bagian.

Ingat, tag yang lebih kecil seharusnya mengikuti tag yang lebih besar. Oh ya, jangan lupa juga, isi dari tag heading sebaiknya tetap mengandung kata kunci yang relevan dengan topik kita bahas. Ini penting agar mesin pencari bisa menemukan kita dengan mudah!

Keterangan:

  • H1 Digunakan untuk judul postingan. Tag ini sudah digunakan untuk judul postingan.
  • H2 Tag ini bisa kita gunakan untuk optimasi SEO pada postingan. Gunakan judul dengan jelas untuk mendeskripsikan setiap bagian dari isi postingan.
  • H3 Tag ini untuk menunjukkan bagian dari sub judul tag H2
  • H4 Tag ini untuk menunjukkan bagian dari sub judul tag H3
  • H5 Tag ini untuk menunjukkan bagian dari sub judul tag H4
  • H6 Tag ini untuk menunjukkan bagian dari sub judul tag H5

Apakah harus semua tag heading digunakan?

Pertanyaan yang bagus! Jadi, dari enam tag heading yang ada, biasanya yang paling sering digunakan itu hanya H2, H3, H4, H5, dan H6. Tapi, ya, tergantung dari topik postingan kita juga sih. Tapi, intinya, minimal gunakan H1, H2, dan H3 ya, biar pembaca dan mesin pencari bisa lebih mudah memahami struktur dan topik kita.

Tag Heading H1

Oke, ini penting! Jadi, tag H1 itu seperti judul besar di dalam postingan kita. Nah, kalau kamu pakai platform blogger.com, biasanya tag H1 ini sudah otomatis terpasang di halaman judul postingan. Jadi, kita gak perlu repot-repot lagi pake H1 di dalam postingan kita. Ingat, satu halaman cukup satu judul utama, ya!


Nah, itulah sekilas panduan lengkap tentang cara membuat tag heading untuk postingan blog kita. Jangan lupa untuk selalu kreatif dan bersemangat dalam menulis ya! Semoga panduan ini bermanfaat dan sukses selalu untuk blog kita semua! Teruslah berkarya!

Randi Iskandar
Randi Iskandar Tetap terhubung di Iskandar.blog! Terima kasih sudah membaca.

Bagikan Artikel Ini

4 komentar untuk "Cara Membuat Tag Heading pada Postingan Blog untuk Optimasi SEO"

Comment Author Avatar
Saya penasaran nih Mas dengan tag heading ini.
Selama ini saya belum mempergunakannya karena memang gak paham dan terus terang malas juga cari informasinya. Jadi ngeblog ya hanya nulis posting saja.
Coba nanti saya pelajari deh.
Makasih ya Mas pencerahannya...

Salam,
Comment Author Avatar
Yuk pelajari bersama-sama, mas. Tag heading ini berguna juga buat kita optimasi SEO, apalagi punya keyword yang ditarget.
Comment Author Avatar
Aku dah gunain tapi mentok sampai H1,H2 dan H3 aja kadang..yang selanjutnya gimana ya? mhn info kak suhu..
Comment Author Avatar
Penggunaan H2-H6 memudahkan google membuat sitelink untuk postingan kita. Tapi ga harus digunakan untuk setiap post, teruntuk post yg membahas banyak hal, fungsinya memudahkan pembaca mengetahui sub bagian artikel tsb. Kira2 gitu yg saya ketahui.